Have an account?

Tulis Emailmu Dan Dapatkan Info Terbaru Rahmat



Rabu, 10 September 2014

SOLUSI UNTUK LAPTOP MATI TOTAL ATAU TIDAK ADA TAMPILAN

Pernahkan anda mengalami laptop kesayangan anda mati, tidak ada tampilan atau tidak ada tanda tanda kehidupan sema sekali, padahal mungkin sebenarnya laptop kesayangan anda belum betul-betul mati total. Berikut tips langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi dan memberikan pertolongan pertama pada laptop kesayangan kita. Berikut beberapa kemungkinan yang bisa terjadi :

  1. KEMUNGKINAN POWER ADAPTER RUSAK
    Coba lihat apakah lampu indikator laptop anda mati? Jika iya, periksa kabel adapter dan kondisi kabel power dengan cara di tes menggunakan multimeter yang disetting pada tegangan DC. Jika tidak ada keluaran tegangan berarti adapter laptop anda rusak.
    SOLUSI:
    Coba anda lepas kabel power adapter kemudian pasang kembali dan coba hidupkan komputer. Jika dengan menggunakan battery, laptop nyala maka dipastikan kerusakan pada bagian power adapter. Jika ada keluaran tegangan apalagi ukuran tagangan sama dengan yang tertera di Output adapter, Berarti adaptor laptop anda dalam kondisi OK.

  2. SWITCH ON/OFF RUSAK
    Jika power adapter setelah di cek menggunakan multi tester dalam kondisi baik baik saja, kemungkinan kerusakan pada switch on/off laptop.
    SOLUSI:
    Tidak ada salahnya periksa juga tombol tersebut. Bongkar laptop anda kemudian tes menggunakan multitester pada bagian switchnya, apakah ada tegangan listrik yang masuk, jika tidak ada maka switch on / off yang rusak. Tetapi Jika tidak ada masalah, kemungkinan lain yaitu pada Mainboard laptop.

  3. MOTHERBOARD RUSAK
    Untuk kerusakan Motherboard, berikut ini ada beberapa indikator yang dapat dianalisa dan diberikan solusinya:
    • Laptop Mati Total --> Ketika laptop dinyalakan, tidak ada reaksi apa-apa, tidak ada tampilan pada layar
      SOLUSI:
      1. Ada banyak komponen yang menyebabkan hal ini. Jika lampu LED indikator menyala berarti power adapter baik,
      2. Lanjutkan dengan memeriksa memori dan hard drive. Jika semua yang lain anda yakin tidak masalah,
      3. Berarti motherboard yang sudah rusak. Jika ini terjadi saya sarankan lebih baik beli laptop baru saja,
      4. Dalam kasus ini, jika anda hanya menggunakan power adapter, periksa juga jack DC ada kemungkinan listriknya tidak tersalur dari jack ini.
    • Laptop nyala tapi gambar kacau --> Laptop nyala tetapi gambar kacau dan menunjukan warna yang tidak bagus.
      SOLUSI:
      1. Dugaan pertama adalah tampilan pada monitor saja. Untuk mengujinya cobalah pasang monitor eksternal pada laptop. Jika masalah masih ada berarti VGA yang jadi masalahnya.
      2. Jika VGA adalah terpisah dari motherboard, maka berarti VGA bisa diganti. Jika onboard maka masalah anda berat pada motherboard. Jika ini terjadi kemungkinan besar motherboard diganti saja atau beli laptop baru.
    • Layar menjadi gelap walaupun kadang normal --> Layar laptop berubah gelap kemudian baik kembali lalu hitam lagi dan setelah itu layar berubah jadi hitam terus.
      SOLUSI:
      Hampir bisa dipastikan ini adalah persoalan video card. Silahkan pilih jalan keluar, beli laptop baru atau ganti motherboard jika VGA adalah onboard. Jika VGA terpisah silahkan ganti VGA.

  4. PROSESOR RUSAK
    Berikut beberapa gejala kerusakan prosesor dan solusinya:
    • Kinerja Laptop sangat lambat --> Ketika laptop dinyalakan, kinerjanya sangat lambat dan CPU sangat Panas.
      SOLUSI:
      1. Pastikan aliran udara ke CPU tidak terhalang. Bersihkan area sekitar pendingin CPU
      2. Pastikan Kipas pendingin terhubung dan bekerja benar (beberapa kipas hanya beroperasi bila diperlukan).
      3. Pastikan heatsink prosesor terpasang dengan benar. Bila perlu buka dan pasang kembali heatsink dengan baik dan teliti.
    • Power LED merah menyala berkedip tiga kali, satu kali setiap  dua  detik diikuti  dua detik jeda --> Laptop masih berfungsi tapi processor tidak lekat dengan baik pada sockernya.
      SOLUSI:
      1. Perhatikan  posisi processor apakah sudah benar.
      2. Jika diperlukan buka processor dari tempatnya dan kemudian pasang kembali dengan tepat.
    • Laptop mati, LED indikator menyala tetapi  tidak  ada video tampilan --> Laptop mati total, tidak ada video tampilan. Mengganti memori, power adapter, battery dan hard drive tidak menyelesaikan masalah.
      SOLUSI:
      1. Ini adalah masalah VGA pada motherboard. Walaupun sudah mengganti memori, hard drive dan  semua  yang  lain,  tetapi masalah tetap sama saja tidak ada tampilan,  maka VGA  harus diganti jika  terpisah , tetapi   Jika   onboard berarti motherboard yang rusak.
      2. Jika anda punya cukup  uang gantilah motherboard.

  5. MEMORY UTAMA RUSAK
    Indikator memori yang rusak sangat banyak, tetapi mari kita mulai dengan beberapa yang umum:
    • Blue Screen of Death selama proses instalasi Windows XP. Ini adalah salah satu tanda paling pasti bahwa salah satu kecurigaan merujuk pada memori yang rusak. 
    • Random crash atau Blue Screen of Death dengan pesan berbeda/acak selama menjalankan XP.
    • Gangguan memori intensif selama operasi tertentu misalnya ketika memainkan 3D game, benchmark, kompilasi, Photoshop, dll
    • Distorsi grafis pada layar, walaupun hal ini juga dapat terkait dengan kartu video.
    • Kegagalan ketika boot. Hal ini dapat disertai dengan berbunyi 'bip' panjang berulang-ulang, yang merupakan kode bip BIOS untuk masalah memori.
    SOLUSI:
    1. Untuk kegagalan boot, Anda tidak dapat menguji memori dengan perangkat lunak diagnostik, sehingga satu-satunya pilihan Anda adalah pengujian dengan pengganti, baik di rumah atau di dealer komputer Anda.
    2. Coba periksa kemungkinan pemasangan komponen yang kurang benar, tidak tepat pada kedudukannya. Coba di cabut kemudian dipasangkan kembali.
    3. Jika komputer Anda terlalu berdebu, atau terletak di lingkungan yang lembab, kontak antara modul memori dan slot memori dapat terganggu atau terkorosi dan menjadi panas. Solusi yang biasa kita lakukan adalah membersihkannya dengan menggunakan penghapus pensil juga memasangkan pendingin atau penyebar panas pada memori.

  6. KERUSAKAN PADA LCD MONITOR
    Berikut beberapa gejala kerusakan pada LCD Monitor
    • Laptop start dengan layar blank --> Laptop mulai dengan layar kosong. Laptop menyala tapi gambar tidak muncul di layar bahkan setelah beberapa menit.
      SOLUSI:
      1. Pertama-tama, kita lihat lebih dekat pada layar dan pastikan bahwa layar benar-benar kosong. Carilah di bawah cahaya terang. Jika Anda dapat melihat gambar yang sangat samar, kemungkinan besar benar bahwa inverter rusak atau lampu backlight rusak.
      2. Cobalah mengganti papan inverter pertama dan jika tidak membantu, ganti layar LCD. 
      3. Dalam kasus kegagalan backlight, Anda masih harus dapat menggunakan laptop dengan monitor eksternal terpasang ke port VGA. 
      4. Jika tetap layar benar-benar kosong dan hasilnya sama saja, periksa modul memori. Ada kemungkinan bahwa salah satu modul telah rusak. Coba buka dan pasang kembali modul memori. 
      5. Jika manipulasi dengan memori laptop tidak membantu, kemungkinan bahwa masalah Anda berhubungan dengan motherboard.
    • Tampilan layar tiba-tiba hilang --> Ketika laptop sedang jalan, tiba-tiba tampilan hilang dan layar jadi gelap.
      SOLUSI:
      1. Perhatikan ketika laptop dihidupkan apakah ada tanda-tanda hidup yang lain seperti bunyi kipas dan nyala LED? Jika masih ada berarti kita anggap hanya LCD yang bermasalah.
      2. Untuk memastikan ini, silahkan menggunakan layar LCD monitor eksternal. Jika tampilan normal berarti anda harus siap-siap mengganti LCD.
      3. Jika dengan layar eksternal juga sama, lanjutkan dengan diagnosa memori, hard drive dan motherboard.
    • Laptop memiliki beberapa area terang tetapi ada bercak di bagian lain layar --> Laptop memiliki beberapa area terang tetapi ada bercak di bagian lain layar. Ini terjadi secara permanen.
      SOLUSI:
      1. Ini sudah pasti adalah masalah yang berkaitan layar LCD. Ini tidak bisa diperbaiki dan layar LCD harus diganti.
      2. Saya pernah melihat masalah seperti itu sebelumnya dan tidak yakin 100% bagaimana daerah-daerah terang muncul di layar. Saya meyakini bahwa ini terkait dengan kerusakan fisik. Mungkin pernah ada sesuatu menyambar layar LCD dan menyebabkan tekanan sangat kuat.
    • Laptop memiliki garis vertikal transparan di layar --> Laptop memiliki garis vertikal transparan pada layar berjalan dari atas ke bawah. Anda masih dapat melihat gambar di belakang garis, tapi tidak seterang gambar pada sisa sama layar.Kemungkinan penyebabnya: kegagalan layar LCD
      SOLUSI:
      1. Ini adalah kegagalan layar LCD. Masalah ini tidak bisa diperbaiki di rumah. Jika Anda memiliki garis vertikal transparan pada layar, Anda harus menggantinya dengan layar LCD baru atau gunakan yang setipe. Atau Anda dapat menggunakan laptop Anda dengan monitor eksternal.  

Bagian paling lengkapnya dapat dilihat disini


ARTIKEL YANG TERKAIT:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar